Robot Lunak Yang Bisa Menyelinap Di Tempat Sempit
Headlines News :

Robot Lunak Yang Bisa Menyelinap Di Tempat Sempit

Written By Rizki Khaizir on 2011-12-01 | 11.27

KoranFesbuk.info » Robot Lunak Yang Bisa Menyelinap Di Tempat Sempit : Ilmuwan dari Universitas Harvard menciptakan robot lunak yang bisa menyelinap di celah sempit. Robot yang dikembangkan itu memiliki panjang 12,7 sentimeter dan empat kaki yang bisa dikontrol dengan memompa udara ke alat geraknya secara manual ataupun melalui komputer. Robot ini bisa bergerak dengan merangkak ataupun merayap.

Aplikasi robot lunak di dunia nyata masih menghadapi tantangan. Robot harus terhubung oleh sumber daya dan ilmuwan harus mencari cara untuk mengintegrasikannya. Selain itu, ilmuwan masih harus berusaha meningkatkan kecepatan gerak robot. Robot ini diharapkan juga bisa beroperasi di daerah lumpur, kerikil, hingga di atas pakaian.


George M Whitesides adalah seorang pakar kimia yang memimpin proyek ini. Ia mengatakan bahwa pembuatan robot ini diinspirasi oleh alam, terutama oleh cumi-cumi, bintang laut, dan hewan lunak lain. Kemampuan robot lunak ini untuk mendeformasi diri dan memungkinkannya bergerak di tempat di mana robot tradisional tidak bisa melakukannya. (KF-vey/kompas)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -