Informasi Pada Patung Jan Pieterszoon Coen Akan Diubah
Headlines News :

Informasi Pada Patung Jan Pieterszoon Coen Akan Diubah

Written By Rizki Khaizir on 2012-03-16 | 18.02

KoranFesbuk.info » Informasi Pada Patung Jan Pieterszoon Coen Akan Diubah : Sukses Dengan Penuh Kekerasan. Jan Pieterszoon Coen adalah salah satu Gubernur Jenderal VOC yang melakukan pembantaian dan pengusiran secara massal terhadap para petinggi VOC maupun penduduk penentang VOC atas perdagangan rempah di Banda dan Maluku pada tahun 1621. Namun, nama Jan Pieterszoon Coen tetap harum di kampung halamannya, Hoorn, Belanda. Patungnya berdiri indah di alun-alun kota itu.


Sementara itu sekelompok warga di Belanda menganggap, kebijakan perdagangan Coen yang penuh kekerasan di Nusantara tidak layak disanjung."Patung itu melambangkan penghormatan terhadap seorang pembantai terbesar dalam sejarah Belanda," demikian pendapat Eric van de Beek, pemrakarsa Burgerinitiatief atau Prakarsa Warga

Atas tuntutan warga tersebut maka pemerintah Kota Hoorn, provinsi Noord Holland, memutuskan akan merubah informasi soal Pieterszoon Coen pada patungnya tersebut. Sebelumnya di alas tumpuan patung hanya bertuliskan, "Jan Pieterszoon Coen (1587-1629). Lahir di Hoorn. Gubernur Jenderal VOC dan pendiri Batavia, sekarang Jakarta. Patung ditempatkan tahun 1893." Nantinya, akan ditambahkan "kesuksesan Coen sebagai gubernur jenderal di Nusantara, didapatkan dengan penuh kekerasaan." (KF-Vey/14/Viva)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -