Istilah 'Barber Shop' Berasal Dari Kerapihan Memelihara Jenggot
Headlines News :

Istilah 'Barber Shop' Berasal Dari Kerapihan Memelihara Jenggot

Written By Rizki Khaizir on 2012-03-21 | 22.38

KoranFesbuk.info » Istilah 'Barber Shop' Berasal Dari Kerapihan Memelihara Jenggot : Di zaman Mesir kuno, tukang cukur adalah orang yang sangat dihormati. Mereka menjadi pemuka masyarakat dan ahli kesehatan karena alat yang digunakan untuk mencukur saat itu masih berupa benda mirip pisau dan bisa melukai kepala jika tidak benar dalam menggunakannya.


Hingga abad ke-5 sebelum masehi, tukang cukur di era Yunani kuno juga sangat disegani. Saat itu, kewibawaan seseorang diukur dari kerapiannya dalam memelihara jenggot. Ini yang sangat menentukan adalah tukang cukur. Dari sini pula istilah barber yang kemudian dijadikan istilah dalam bahasa Inggris barber shop yang berarti tukang cukur. Kata ‘barber’ berasal dari istilah Latin ‘barba’ yang berarti jenggot. Di masa Yunani kuno memang tukang cukur lebih banyak berurusan dengan kerapian jenggot. Merekalah yang sangat menentukan status kewibawaan setiap orang.

Sementara itu organisasi tukang cukur paling tua di dunia dan hingga kini masih eksis adalah Worshipful Company of Barber. Organisasi yang mulai didirikan tahun 1308 ini berdiri di London, Inggris. Hingga abad ke-14, persatuan tukang cukur menjadi salah satu organisasi profesi yang punya pengaruh sangat kuat. (KF-Vey/1/21/asalmula)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -