Pestisida Organik Tangkal Serangan Tomcat
Headlines News :

Pestisida Organik Tangkal Serangan Tomcat

Written By Rizki Khaizir on 2012-03-30 | 00.39

KoranFesbuk.info » Pestisida Organik Tangkal Serangan Tomcat : Tomcat atau rove beetle sedang membuat pusing banyak orang. Serangga ini memang tak menggigit, tapi cairan yang ke luar dari tubuhnya bisa membuat kulit merah, gatal dan melepuh.

Menurut Rasditya (salah satu petugas penyemprot serangga Tomcat dari dinas pertanian kota Surabaya), kehadiran serangga ini bisa ditanggulangi dengan melakukan penyemprotan pestisida organik, dengan formulasi : daun mimba 1kg, daun mahoni 1kg, laos (lengkuas) 1kg, bawang putih 1 kg dan daun sirih hijau 1kg. Semua bahan di masukkan blender hingga halus dan di beri air 5 liter, kemudian setelah itu direbus tidak sampai mendidih dan didinginkan sampai 1 hari, campuran bahan yang sudah jadi di saring, bahan siap di aplikasikan, perbandingan 1 liter pestisida organik ditambahkan 10 liter air dengan tambahan diterjen bubuk secukupnya.

Pestisida Organik Tangkal Serangan Tomcat
Sebenarnya tomcat adalah sahabat petani, sebab tomcat sejatinya adalah predator dan musuh bagi hama wereng perusak tanaman padi. Siklus hidup tomcat memang sama dengan umur panen tanaman padi,lama hidup tomcat betina 113 hari dan jantan 109 hari. Sedangkan umur panen padi 90-100 hari, menandakan bahwa tomcat memang serangga yang bertugas untuk mencegah ledakan wereng. (KF- kiriman warga KF: Hari Setya Hendra Pradja/Vey/15)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -