Rumah Pahlawan Nasional Tjilik Riwut Kini Jadi Kafe
Headlines News :

Rumah Pahlawan Nasional Tjilik Riwut Kini Jadi Kafe

Written By Rizki Khaizir on 2012-03-05 | 23.18

KoranFesbuk.info » Rumah Pahlawan Nasional Tjilik Riwut Kini Jadi Kafe : Budayawan Kalteng, JJ Kusni mengaku sangat prihatin saat mengetahui lokasi rumah pahlawan nasional asal Kalimantan Tengah, Tjilik Riwut, di Palangkaraya, telah rata dengan tanah dan akan dijadikan kafe. Padahal di rumah Tjilik itu, dahulu sering diadakan rapat penting bagi pembentukan provinsi Kalimantan Tengah. Provinsi itu sendiri terbentuk pada tahun 1957.

Kusni berpendapat, rumah itu seharusnya menjadi cagar budaya. Ia sebenarnya pernah mengajukan kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Palangkaraya agar rumah itu dijadikan cagar budaya. "Rumah itu bisa dianggap milik rakyat Kalteng. Kalau perlu, biar saya usahakan dana agar rumah itu bisa dirawat. Tapi, harapan itu tak terealisasi," ujarnya.


Tjilik Riwut merupakan tokoh yang berperan dalam Operasi Penerjunan Pasukan Payung Pertama dalam sejarah Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pada tanggal 17 Oktober 1947 oleh pasukan MN 1001. Sebagai seorang putera Dayak ia telah mewakili 142 suku Dayak pedalaman Kalimantan yang bersumpah setia kepada Pemerintah RI secara adat dihadapan Presiden Sukarno di Gedung Agung Yogyakarta, 17 Desember 1946. Pangkat Terakhir Tjilik Riwut adalah Marsekal Pertama Kehormatan TNI-AU. (KF-Vey/17/Kompas)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -