Warga Jambi Temukan Kendi Berisi Tumpukan Koin Kuno
Headlines News :

Warga Jambi Temukan Kendi Berisi Tumpukan Koin Kuno

Written By Rizki Khaizir on 2012-09-07 | 23.32

KoranFesbuk.info » Warga Jambi Temukan Kendi Berisi Tumpukan Koin Kuno. Baru baru ini warga di Jambi menemukan kendi berisikan koin-koin kuno China. Penemuan itu menguatkan dugaan peran penting Jambi dalam perdagangan masa itu atau hubungan bilateral masyarakat setempat dengan China. Temuan tersebut juga menjadi indikasi yang makin memperkuat Kerajaan Melayu Jambi pada masa lampau sebagai jalur perdagangan dari Tiongkok atau indikasi memiliki hubungan bilateral yang kuat dengan negeri Tirai Bambu yang pada masa lampau dikuasai dinasti-dinasti besar. Kendi berisi tumpukan koin-koin kuno China ini ditemukan di Desa Parit Culum, Tanjung Jabung Timur.

Warga Jambi Temukan Kendi Berisi Tumpukan Koin Kuno
Fasilitator budaya dan purbakala Disbudpar Provinsi Jambi, Abdul Havis mengatakan pihaknya masih belum bisa memprediksikan koin itu peninggalan dari zaman dinasti apa, karena itu masih memerlukan penelitian lebih intensif oleh ahli arkeologi. Menurutnya kawasan sepanjang Sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera, mulai dari kawasan Tebo hingga ke muaranya yakni di Tanjung Jabung Timur selama ini memang menjadi tempat sering ditemukannya benda-benda purbakala penginggalan masa lampau.

"Saat ini semua temuan itu telah diserahkan ke bagian arkeologi museum negeri Jambi guna diteliti oleh para ahli arekologi, sebagian di antaranya sudah mendapatkan kesimpulan, namun umumnya yang baru ditemukan hingga kini masih terus diteliti," ungkapnya. (KF-Vey/5/Antara)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -