Kabar Adanya Bunker Di Balaikota Solo Akan Diteliti
Headlines News :

Kabar Adanya Bunker Di Balaikota Solo Akan Diteliti

Written By Rizki Khaizir on 2012-08-11 | 13.27

KoranFesbuk.info » Kabar Adanya Bunker Di Balaikota Solo Akan Diteliti. Kabar yang menyebutkan di areal Balaikota Solo terdapat bunker peninggalan Belanda akan segera diteliti oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jawa Tengah. seorang Arkeolog, Muhammad Kawari mengatakan sebelum melakukan penggalian bunker peninggalan Belanda tersebut, sebagai langkah awal akan dibuat layout terlebih dulu. Ia juga menambahkan penggalian akan dilakukan dengan alat-alat tradisional dan tidak menggunakan alat berat agar tidak merusak keaslian bangunan bunker.

Informasi ini pertama kali dihembuskan oleh masyarakat di sekitar balai kota. Salah satunya adalah Mujiyono Yuwono Saputro (82) warga Kampung RT 02/RW 03 Pasar Kliwon Solo, Kamis, dalam kesaksiannya mengatakan bahwa di kompleks Balai Kota Surakarta terdapat sebuah bunker peninggalan kolonial Belanda. Bunker tersebut saat ini terkubur di bawah reruntuhan bekas bangunan gedung PKK Pemkot Surakarta yang sekarang telah dirobohkan. Mujiyono masuk ke bunker tersebut untuk pertama kali pada sekitar tahun 1947, saat ia masih berusia 16 tahun. "Dalamnya hanya ruangan kosong seperti aula dan sangat gelap," katanya.

Ruangan tersebut memiliki panjang dari timur ke barat sekitar 15 meter dan lebar dari utara ke selatan sekitar 10 meter dengan ketinggian tiga meter. Bunker tersebut memiliki dua pintu di sebelah selatan bunker. Untuk masuk harus melewati tangga setinggi 2 meter.(KF-Mrg/5/Ant)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -