Umy Ciptakan Batu Bata Ramah Lingkungan
Headlines News :

Umy Ciptakan Batu Bata Ramah Lingkungan

Written By Rizki Khaizir on 2011-11-23 | 16.30

KoranFesbuk.info » Umy Ciptakan Batu Bata Ramah Lingkungan : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kini tengah mengembangkan batu bata ramah lingkungan yang juga berasal dari limbah, yaitu mendaur ulang limbah padat hasil industri menjadi batu bata. Produk ramah lingkungan ini merupakan kerja sama antara UMY dengan Pusat Studi Lingkungan dan Bencana (PSLB) UMY.

Ketua Tim Peneliti Jurusan Teknik Sipil UMY, Agus Setyo Muntohar mengungkapkan, proses pembuatan batu bata ini berbeda dengan batu bata pada umumnya. Batu bata ini tidak memerlukan proses pembakaran seperti batu bata biasanya. Bahkan limbah sisa pembakaran tersebut dapat dimanfaatkan menjadi tiga jenis batu bata baru.


Tiga jenis batu bata tersebut, adalah UMY-brick 1 dan UMY-brick 2 dengan bahan baku limbah agroindustri, serta UMY-brick 3 yang terbuat dari bahan industri knalpot. Batu bata tanpa proses pembakaran memiliki berat unit yang ringan, kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan batu bata bakar biasa, serta kepadatannya yang sesuai dengan wilayah Indonesia yang rawan gempa bumi. (KF-v/okezone)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -