'Gerakan Sejuta Data Budaya' Selamatkan Kekayaan Seni Budaya Indonesia
Headlines News :

'Gerakan Sejuta Data Budaya' Selamatkan Kekayaan Seni Budaya Indonesia

Written By Rizki Khaizir on 2012-05-28 | 02.07

KoranFesbuk.info » 'Gerakan Sejuta Data Budaya' Selamatkan Kekayaan Seni Budaya Indonesia. Kampanye 'Gerakan Sejuta Data Budaya' digaungkan para pemerhati budaya guna menyelamatkan data data seni budaya yang dimiliki Indonesia. Bandung Fe Instutute-lah yang fokus melakukan pendataan budaya untuk ditampilkan dalam laman www.budaya-indonesia.org. Upaya ini dianggap sebuah cara yang memungkinkan untuk menjaga serta melestarikan budaya Indonesia dari klaim maupun pencurian budaya.


Vande Leonardo, Divisi Eksternal Bandung Fe Institute mengatakan konsep ini sudah diajukan ke WIPO (World Intelectual Property Organization). Dalam tahap melisensi budaya Indonesia, ia meminta pemerintah ikut turun tangan untuk membantu dalam pendaftaran ke WIPO. "Jadi saat nantinya ada klaim dari pihak tertentu, kita ada data untuk bisa advokasi," katanya.

Sejak 2008 lalu, laman ini telah mengumpulkan 15 ribu budaya Indonesia dengan 15 kategori, diantaranya tari-tarian, kuliner, motif kain, senjata dan alat perang, mainan tradisional, obat tradisional, adat istiadat, arsitektur, naskah kuno dan prasasti, ornamen, alat musik, cerita rakyat, musik dan lagu, seni pertunjukan dan pakaian tradisional. Jumlah data yang terkumpul ini diperoleh dari partisipasi publik secara sukarela maupun melalui ekpedisi dari pihak Bandung Fe Institute. (KF-Vey/14/Viva)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -