Hampir Tak Mungkin Membangun PLTN Di Indonesia
Headlines News :

Hampir Tak Mungkin Membangun PLTN Di Indonesia

Written By Rizki Khaizir on 2012-05-18 | 22.41

KoranFesbuk.info » Hampir Tak Mungkin Membangun PLTN Di Indonesia. Dosen UI sekaligus anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Prof Ir Rinaldy Dalimi, PhD, menilai pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) atau pemanfaatan energi nuklir di Indonesia hampir tidak mungkin dilaksanakan. Menurutnya, ada empat hingga lima alasan yang menyebabkan PLTN hampir tidak mungkin di Indonesia, yakni PLTN akan mengharuskan Indonesia mengimpor uranium, karena uranium Indonesia tidak ekonomis.

Alasan lain, dunia tidak akan mengizinkan Indonesia melakukan pengayaan uranium, karena Iran saja dilarang, meski pemerintahnya melawan. Selain itu, yang cukup berat adalah Indonesia merupakan "kawasan gempa" sehingga pembangunan PLTN akan beresiko amat tinggi. Sedangkan alasan yang tak kalah pentingnya adalah Jepang saja sudah mematikan 54 unit PLTN pada dua minggu lalu, lalu Jerman juga akan mematikan seluruh PLTN-nya pada tahun 2025.

Hampir Tak Mungkin Membangun PLTN Di Indonesia

"Jadi, DEN merekomendasikan PLTN sebagai pilihan terakhir. Artinya, nuklir nggak akan dipilih selama energi alternatif atau energi baru terbarukan/EBT masih ada, apalagi energi alternatif di Indonesia paling beragam di dunia," jelas Rinaldy. (KF-vey/1/13/Antara)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -