Fenomena "Hari Tanpa Bayangan Matahari" Hampiri Kota Kota Di Indonesia
Headlines News :

Fenomena "Hari Tanpa Bayangan Matahari" Hampiri Kota Kota Di Indonesia

Written By Rizki Khaizir on 2012-03-02 | 14.36

KoranFesbuk.info » Fenomena "Hari Tanpa Bayangan Matahari" Hampiri Kota Kota Di Indonesia : Tahun ini beberapa kota di Indonesia akan dihampiri fenomena alam "hari tanpa bayangan matahari". Kejadian ini merupakan fenomena rutin tiap tahun yang terjadi karena deklinasi matahari sama dengan lintang tempat tersebut.

Secara sederhana dapat dijelaskan, ketika matahari tepat di atas kepala maka seolah-olah manusia, gedung, pohon, dan benda lainnya tak memiliki bayangan. Fenomena ini hanya terjadi di saat tengah hari di wilayah masing-masing waktu. Bayangan Matahari hanya "menghilang" saat tengah hari saja. Kala pagi dan sore, bayangan tetap bisa dilihat.


Kota Semarang dan Bandung siang ini, Jumat (2/3), Jepara pada Sabtu (3/3). Sedangkan Jakarta dan Pontianak, akan mengalaminya sebanyak dua kali tahun ini, yaitu: pada tanggal 4 Maret tepat pukul 12.04 WIB dan 8 Oktober pukul 11.40 WIB. Untuk kota Pontianak, pada 21 Maret dan 23 September. Sementara kota Solo dan Yogyakarta telah dihampiri fenomena alam ini pada Kamis (1/3) dan Yogyakarta Rabu (29/2) lalu. (KF-Vey/4/Kompas/Lapan/bmkg)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -