Aurelien Brule Tinggalkan Perancis Demi Lestarikan Owa Indonesia
Headlines News :

Aurelien Brule Tinggalkan Perancis Demi Lestarikan Owa Indonesia

Written By Rizki Khaizir on 2012-04-16 | 06.29

KoranFesbuk.info » Aurelien Brule Tinggalkan Perancis Demi Lestarikan Owa Indonesia : Owa owa atau Kelempiau (Hylobates muelleri), adalah primata dari keluarga Ungko. Di dunia ada 17 jenis owa dan Indonesia punya tujuh jenis di antaranya. Inilah yang membuat pria asal Perancis, Aurelien Brule mendirikan lembaga untuk melestarikan owa bernama Kalaweit yang berbasis di Kalimantan Tengah pada tahun 2004. Kalaweit artinya owa dalam bahasa Dayak Ngaju.

Kecintaan Aurelien Brule kepada owa tumbuh sejak dia berusia 12 tahun. Ia kerap mengunjungi kebun binatang di kawasan tempat tinggalnya, Distrik Var, Perancis. Catatan yang dikumpulkannya dari observasi di kebun binatang yang dia lakukan sekitar tiga tahun, kemudian diterbitkan dalam sebuah buku. Hal ini menarik perhatian publik di Perancis, hingga seorang artis komedian Perancis, Muriel Robbin, bersedia mendanainya untuk membuat sebuah program konservasi pada hewan primata ini.

Kini pria yang akrab disapa Chanee ini tidak hanya mengobservasi dan menulis buku tentang owa, tetapi juga memutuskan untuk bermukim di Indonesia demi melestarikan owa. Namun keinginannya untuk menjadi warga negara Indonesia belum terpenuhi. "Saya juga ingin menjadi warga Indonesia. Sudah empat tahun saya mengurusnya, tetapi belum berhasil, cukup susah," katanya. (KF-Vey/11/Kompas)

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : MasTer Q | Unik dan Lucu | Lirik Lagu
Copyright © 2011. Koran Fesbuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger -